Sabtu, 16 Oktober 2010

Hunger Management



   Hunger management adalah kunci untuk menghindari kehilangan control akan berat badan kita. Kalau kita punya kekuatan untuk menentukan apa yang harus kita makan dan bukan apa yang ingin kita makan, berapa banyaknya, dan berapa sering kita makan, artinya kita sudah berada dalam hunger management.
   Nah, sekarang apa masalah utama kenapa kita bisa kehilangan kendali akan rasa lapar dan membuat badan kita menjadi gendut? Pola makan yang salah penyebabnya. Seperti di Jakarta ini, kita lebih sering mengonsumsi junk food dalam porsi besar untuk satu kali waktu makan daripada makanan sehat seperti salad. Ujung-ujungnya kita memasukkan terlalu banyak kalori dari yang kita butuhkan. Dan kalori yang ga terpakai itu nantinya kemana? Tentunya akan menjadi timbunan lemak dan pasti akan membuat bobot kita bertambah.
   Cara mengatasinya mudah saja. Kita terapkan 4 kunci dari hunger management. 
  • Yang pertama adalah perasaan kenyang/penuh (satiety).,Disini bukan berarti hanya mind set saja tanpa benar-benar makan apapun. Kita tetap makan tapi dengan pola makan benar. Satiety ini bisa digambarkan seperti ini:
 Lapar + semangkuk kecil oatmeal = kenyang
  • Kunci kedua adalah makan perlahan. Ini ada hubungannya dengan otak, jadi.,saat kita mulai mengunyah makanan perlu sekitar 20 menit untuk menginformasikan ke otak kalau kita sudah kenyang. nah,dengan makan perlahan kita akan merasa kenyang disaat  belum banyak makanan yang diasup.
  • Kunci ketiga yaitu makan dalam porsi kecil. Hal ini lebih baik daripada makan banyak setiap kalinya yang juga dapat memicu obesitas. Sementara jika makan sedikit meski 4x sehari kemungkinan untuk naik berat badan masih kecil.
  • Kunci yang terakhir yaitu dengan mengatur jenis makanan yang lebih dulu dikonsumsi. Kita bisa memilih makanan yang banyak mengandung air,seperti sup dengan kuah banyak atau salad di awal acara makan. Makanan jenis ini dapat menciptakan rasa penuh di perut.. cara ini dapat membantu mencegah terjadinya overeating atau kelebihan makan.
                                                                                                                  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar