Sabtu, 16 Oktober 2010

The Power of Yogurt

1. Yogurt bikin perut rata
Santap susu fermentasi ini 510 gram per hari dan ukuran celanamu akan berkurang satu nomor! Menurut penelitian yang dilakukan oleh University Tennessee, AS, Seseorang yang melahap yogurt dengan porsi tersebut akan sukses menurunkan 22% bobot lebih banyak dan 81% lemak perut lebih banyak. Asalkan, memotong jumlah kalori hariannya.

2. Kebanyakan produknya mengandung bakteri baik
Produk yogurt yang bertuliskan "live and active cultures" berarti mengandung probiotik. Bakteri hidup menguntungkan bakteri dalam saluran pencernaan dan melawan mikro organisme jahat yang bisa menyebabkan peradangan usus.

3. Resapi berbagai vitamin di dalamnya
Satu saji yoghurt mengandung potassium, phosporous, riboflavin, iodine, seng, vitamin B5, vitamin B12, berkhasiat menjaga sel darah merah dan membantu sistem sarafmu berfungsi normal. Menyantap yoghurt lebih banyak dapat menutup kekurangan nutrisi : satu yogurt ukuran 226 gram memiliki 1,4 mikrogram vitamin B12. Setara dengan 60% kebutuhan harian setiap wanita.

4. 1 cangkir per hari ampuh pulihkan otot setelah berolahraga
Yogurt memiliki perbandingan karbohidrat protein dan karbohidrat yang tepat. Jenis yogurt Greek cocok untuk menjadi camilan setelah olahraga. Waktu yang tepat untuk menyantap yogurt adalah satu jam seusai berolahraga. Protein menyediakan asam amino yang akan digunakan otot untuk "memperbaiki" diri. Sedangkan karbohidrat akan menggantikan energi simpanan di otot yang biasanya hilang setelah keras berolahraga. Selain itu, jika kita meminum air setelah menyantap yogurt, protein di dalam yoghurt akan meningkatkan kemampuan usus menyerap air. Tubuh kamu pun akan terhidrasi dengan baik !


5. Tak semua produk yogurt mengandug kalsium dan vitamin D yang sama
Meskipun alaminya yogurt mengandung kalsium, tapi tak semua produknya memiliki kadar yang sama. Terkadang, perbedaannya bisa sangat jauh. Jadi, sebaiknya kamu memeriksa kemasannya terlebih dahulu sebelum membeli. Kalsium di setiap kontainer tergantung pada masa prosesnya. Yogurt buah cenderung memiliki kalsium lebih rendah dibandingkan yang murni. Hal ini disebabkan adanya tambahan gula dan buah pada setiap kemasan. Vitamin D tak secara alami ada di dalam yogurt. Namun, karena vitamin D membantu penyerapan kalsium, banyak perusahaan menambahkan vitamin D di dalamnya. Sebagai pilihan terbaik, kamu harus baca label setiap kemasan dan pastikan tercantum cukup banyak kalsium dan vitain D di dalamnya.

6. Yoghurt bisa cegah Hipertensi
Setiap hari 70% dari kita rata-rata mengonsumsi garam 2 kali lipat lebih banyak dari yang direkomendasikan. Jika hal ini terus dibiarkan, resiko penyakit hipertensi, ginjal, dan jantung berada di depan mata. Potassium di dalam yogurt hampir 600 mg per 226 gram, bisa melunturkan sodium berlebih di dalam tubuh. Fakta dalam American Journal of Clinical Nutrition menyebutkan bahwa orang-orang dewas yang melahap dua saji produk susu rendah lemak atau lebih ternyata bisa menurunkan 54% kemungkinan terkena tekanan darah tinggi.

7. Mengasup yogurt tiap hari bisa cegah Flu 
Santap minimal 113 gram yogurt per hari dan jangan heran kalau kamu terbebas dari hidung tersumbat dalam beberapa bulan ke depan ! Wanita yang mengikuti anjuran ini memiliki sel T yang lebih kuat dan aktif jika dibandingkan dengan saat sebelum mengonsumsi yogurt. Sel T yang kuat berfungsi melawan penyakit dan infeksi. Bakteri sehat yogurt mengirimkan sinyal pada sel kekebalan agar menambah kekuatan dan melawan bakteri jahat. Hal ini merupakan berita baik untuk penderita alergi yang memiliki tingkat sel T yang rendah. Seseorang yang mengonsumsi 200 gram yogurt per hari memiliki gejala alergi yang lebih sedikit dibandingkan mereka yang tidak.

8. Yogurt membantumu tersenyum :)
Walau  memiliki kandungan gula, yogurt tidak menyebabkan gigimu berlubang. Yogurt yang rendah lemak, ringan, dan rasa buah tidak menyebabkan lapisan gigi terkikis. Semua itu berkat asam laktik yang melindungi gusimu. Seseorang yang menyantap 56 gram yogurt per hari mengurangi resiko terkena penyakit gigi parah hingga 60 % dibandingkan mereka yang tidak.

9. Pilih yogurt pasteurisasi
Biasanya yogurt yang ada di toko sudah melalui proses pasteurisasi, yaitu proses pemanasan dengan temperatur tinggi yang berguna membunuh segala jenis patogen atau kuman penyakit. Namun, penggemar susu mentah mengatakan bahwa susu, yogurt, dan keju yang tidak dipasteurisasi lebih banyak mengandung bakteri baik. Tetapi menurut Jackie Newgent, pasteurisasi tidak menghancurkan probiotik yang menguntungkan. Selain itu, peneliti menemukan bahwa pengkonsumsi yogurt yang tidka dipasteurisasi memiliki imunitas atau sistem pencernaan yang lemah dibandingkan pengkonsumsi yang memilih yogurt yang dipasteurisasi. Produk susu mentah juga membawa resiko keracunan makanan.

10. Yogurt kaya protein

Yogurt dapat menjadi sumber protein yang baik. Yogurt Greeklah yang memiliki protein dua kali lipat dibandingkan yogurt tradisional. Yogurt Greek yang dibuat kental memiliki 20 gram protein per kemasannya. Jadi, jika kamu mencari protein, carilah yogurt yang menawarkan 8 sampai 10 gram per saji.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar