Minggu, 17 Oktober 2010

Siasat Hindari Insomnia

Hidup memang demikian adanya. Waktu berjalan dan kita pun bertambah. Insomnia tentu merupakan sesuatu yang tak terhindarkan.  Namun, jangan takut ! Kamu bisa menyiasatinya ;). Agar terhindar dari insomnia tentu saja  kita harus mengerahkan berbagai usaha, seperti:
  1. Olahraga membantu untuk penderita insomnia ,tapi wajib dilakukan secara teratur di pagi hari. Olahraga bisa bikin aliran darah semakin lancardan membawa oksigen ke seluruh tubuh sehingga tubuh berasa segar. Penderita insomnia tidak dianjurkan untuk berolahraga menjelang waktu tidur seperti sore atau malam hari, yang justru bisa membuat kita makin sulit untuk tidur. Namun, pada orang tertentu malah bisa membuat tidur menjadi nyenyak. Karena tidur memang individual sifatnya.
  2. Hindari makanan dan minuman stimulan.Hindari minum kopi saat sore hari dan zat makanan yang merangsang. Beri jarak minimal 6 jam sebelum tidur.
  3. Asup makanan phytoestrogen seperti, kedelai, tauge, wijen dan biji-bijian. Makanan atau suplemen phytoestrogen bisa membantu mengurangi insomnia pada wanita.
  4. Hindari stressor/penyebab insomnia. Jangan memikirkan hal-hal yang membebani diri. Berbagilah bebanmu dengan orang lain. Dukungan orang terdekat sangat berguna.
  5. Hindari tidur siang. Batasi tidur siang kurang dari 15 menit kecuali atas anjuran dokter.
  6. Relaks. Relaksasi sangat membantu mendapatkan tidur berkualitas. Self-hipnosis bisa kamu coba.
  7. Bikin waktu tidur kamu rutin. Biasakan tidur dan bangun pada jam yang sama setiap hari.
  8. Kondisikan lingkungan tidur. Hindari sinar, suara bising, dan atur temperatur ruangan jadi nyaman. Gunakan tempat tidur hanya untuk aktivitas tidur. Janagan membaca, bekerja, atau menonton TV di tempat tidur. Aktivitas seksual adalah pengecualian B)

1 komentar:

  1. dulu gw menjadi salah satu dari begadangholic nih, tp sekarang untung udah mendingan, jam tidur menjadi lebih normal.. biasanya insom itu dateng saat liburan, dimana kita gak ada aktivitas yang berarti sehingga badan kita gak ngerasa cape dan gak ngantuk, jam tidur pun mulai brantakan, pagi jadi malem, malem jadi pagi atau bahkan gw pernah gak tidur semaleman. efeknya gw ngerasa badan gw gak seger, gak fit, loyo. gw setuju banget sama tips-tips yang lo post di atas :D gw uda coba koq, emank kita klo mau tidur harus relax dan paling gak ya ngerasa cape, jadinya insomnia bisa dihindari.. :D

    BalasHapus